Festival Kemilau Seni Budaya Benua ETAM (bag.04)









5 Nopember 2009, hari Jum’at pagi yang sangat cerah cuacanya.

Pembukaan diresmikan oleh Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak dihadiri sejumlah bupati/walikota se-Kaltim menerima penyematan pin Visit East Kalimantan. Dihadiri Staf Ahli Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Pranata Sosial, Surya Yuga serta para Undangan.

Semua kegiatannya dipusatkan di Stadion Madya Sempaja ini berlangsung selama tiga hari (5 – 7 Nopember 2009), dengan beberapa agenda diantaranya pameran kepariwisataan oleh 14 kabupaten/kota

Atraksi telah digelar dalam festival, antara lain adalah beragam seni tari dan musik tradisional Kaltim, mulai dari unsur pesisir, pedalaman hingga dari unsur keraton.


Seni TARI dari pesisir yakni ;

tari jepen, baik yang berasal dari Kabupaten, Kutai Kartanegara (Kukar), Kabupaten Paser, Penajam Pasir Utara (PPU), Berau, Bulungan dan sejumlah kabupaten atau kota lain.


Seni TARI dari daerah pedalaman yakni ;

tari enggang, tari hudoq, gantar, kancat lasan serta sejumlah jenis tari lain yang berasal dari Sub Suku Dayak meliputi Kenyah, Tunjung, Benuaq dan sub suku lain yang tersebar di Kabupaten Malinau, Nunukan, dan lainnya termasuk juga di sejumlah lokasi di Samarinda.


Seni TARI dari unsur keraton yakni ;

tari panah, tari ganjar ganjur dan sejumlah jenis tari lain. Tari keraton tersebut biasanya akan ditampilkan dari Kabupaten Kukar, Paser, Berau, Bulungan dan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar